category » Seni Pertunjukan

Pentas Laboratori 2012 Unstrat UNY

di baca : 572 kali | Date 15 November
Pentas Laboratori 2012 Unstrat UNY

Related Post :

" Caption: Pentas Laboratory 2012 Unstrat 2012.
"

Kontributor: Tryas

Jogjanews.com - Unit Studi Sastra dan Teater (Unstrat) UNY menampilkan pentas Laboratori tahunan yang menjadi ajang unjuk gigi para anggota baru. Pementasan di Gedung Karawitan UNY Selasa (13/11) itu menampilkan berbagai pertunjukan mulai dari pembacaan puisi, musikalisasi puisi, teater, monolog hingga pantomim.


Pertunjukan Teater Gerak berjudul “Batu” menjadi pembuka pentas Laboratori. Meski dimainkan oleh mahasiswa semester pertama, pentas “Batu”  yang disutradarai Putri Wartawati itu berhasil memukau penonton yang sebagian besar merupakan mahasiswa UNY.



Setelah Teater Gerak, pertunjukan monolog berjudul “Tolong” dari Putri Sari tampil berurutan dengan musikalisasi puisi.”Puisi yang dibawakan merupakan ciptaan para alumni Unsrat,” ujar Ketua panitia sekaligus pimpinan produksi Ciptadi Natawiguna.



Usai musikalisasi puisi, kelompok Teater Drama berjudul Universitas Orang-Orang Mati hadir diatas panggung yang berada di lantai II gedung Fakultas Bahasa dan Sastra UNY.



Dalam teater satu babak itu, penggiat Unsrat mencoba mengkritik tentang semakin minimnya partisipasi para cerdik pandai dalam kesejahtraan masyararat. Dengan setting panggung dan kostum yang compang-camping, seluruh pemain tampak seperti orang mati yang mencoba membalas dendamnya pada universitas.



“Mari kita bakar universitas…. Sebelum pada Sarjana teknik kembali membuat alat yang akan membunuh kita semua,” ucap salah seorang tokoh dalam teater yang disutradarai Erni Yuliansari itu.



Ciptadi Natawiguna menjelaskan seni pertunjukan yang tampil dalam berbagai bentuk itu menjadi simbol berproses di Unsrat. Menurutnya sejak awal masuk, setiap anggota UKM akan diberi kebebasan untuk mengekspolorasi setiap bentuk seni mulai dari seni sastra, pertunjukan hingga film.



“Kami menerapkan proses bersifat prasmanan di Unsrat, sehingga setiap orang bisa belajar apa saja sesuai keinginannya,” ujar Cipta Natawiguna. Setelah Teater Drama, pembacaan puisi menjadi sajian penutup pentas Laboratori 2012.

 


Comment

  • Ega UNSTRAT, 18 Nov 2012, 19:32 WIB

    Maaf diartikel tertulis "unsrat", yang benar UNSTRAT Mohon ralatnya Terimakasih.. Salam Budaya

Leave Comment

Name
Email
Comment
Security Code