category » Festival Seni Rupa

Minggu, Lomba Melukis&Mewarnai "Negari Ngayogyakarta Hadiningrat"

di baca : 1113 kali | Date 20 April

Related Post :

Kontributor: Tryas

Jogjanews.com - Kegiatan pertama Festival Seni Rupa “Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” berupa Pameran Seni Rupa dan Pameran Arsip HB IX “Negari Ngayogyakarta Hadiningrat”  yang dimulai Jum’at (13/4) mendapat respon luar biasa dari seniman, budayawan dan masyarakat umum.

 

Lebih dari 1000 orang menghadiri pembukaan Pameran Seni Rupa dan Pameran Arsip HB IX “ Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” pada Jum’at (13/4). Tidak hanya seratus lebih seniman peserta pameran yang menghadiri pembukaan pameran tapi juga pelaku seni budaya Yogyakarta dan pengunjung luar negeri ikut menyaksikan pembukaan pameran.

 

Pada Minggu (22/4), Festival Seni Rupa “Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” akan dilanjutkan dengan kegiatan Children Appreciation Day dalam bentuk kegiatan Lomba Melukis dan Mewarwani dengan tema “ Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” di Pendopo Ajiyasa Jogja National Museum Gampingan Wirobrajan Yogyakarta.

 

Koordinator Lomba Melukis dan Mewarwani dengan tema “ Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” Andi Zulfan menjelaskan penyelenggaraan Children Appreciation Day merupakan wujud kecintaan masyarakat Yogyakarta terhadap sosok Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

 

“Saat ini anak Jogja membutuhkan tokoh panutan seperti Sri Sultan HB IX yang mempunyai rasa kebangsaan dan kemanusiaan yang besar,” kata Andi Zulfan, Jum’at (20/4).


Kegiatan Children Appreciation Day dalam bentuk kegiatan Lomba Melukis dan Mewarwani dengan tema “ Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” yang didukung Jogjanews.com ini akan memperebutkan trofi Sri Sultan Hamengku Buwono X.

 

Lomba Melukis dan Mewarwani dengan tema “ Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” akan memunculkan tiga kategori peserta lomba mewarnai dan dua kategori lomba melukis. Tiga kategori lomba mewarnai adalah kategori PAUD, TK dan SD kelas 1,2 dan 3. Sementara untuk dua kategori lombs melukis adalah kategori SD kelas 4,5 dan 6 serta kategori SMP.

 

“kegiatan Children Appeciation day itu juga bisa diikuti oleh anak-anak dari luar Jogja. Hasil karya akan dinilai oleh juri yang kompeten untuk memperebutkan hadiah dengan total jutaan rupiah,” jelas Andi Zulfan.


Masing-masing pemenang kategori dalam Lomba Melukis dan Mewarnai “Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” akan mendapatkan hadiah uang pembinaan. Juara pertama tiap kategori akan memperoleh hadian Rp 1 juta, juara dua Rp 750 ribu dan juara III Rp 500 ribu.

 

Lomba melukis dan mewarnai ini akan didahului dengan pementasan wayang Edukatif Republik yang akan dijadikan sebagai ide untuk penciptaan lukisan dan proses mewarnai peserta lomba.  Lomba juga akan dihibur oleh Tedjo Badut, tarian anak, band anak dan DJ anak.




Lomba Melukis dan Mewarwani dengan tema “ Negari Ngayogyakarta Hadiningrat” bisa diikuti peserta dari luar Yogyakarta dengan membayar biaya pendaftaran Rp. 25 ribu dengan membawa alat gambar dan alas/meja gambar sendiri.

 

Tempat pendaftaran lomba di Gallery for Citizen Kompleks Gedung Jogja National Museum, Jalan Amri Yahya No. Gampingan Wirobrajan Yogyakarta. 

Leave Comment

Name
Email
Comment
Security Code