category » Budaya

Komplek Kepatihan Di Renovasi Untuk Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta

di baca : 772 kali | Date 16 July

Related Post :

Sejak awal Juli, Bangsal Kepatihan yang berada di Komplek Kantor Gubernur Provinsi DIY di Jalan Malioboro mengalami perbaikan (rehabilitasi). Perbaikan Bangsal Kepatihan tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan resepsi pernikahan Agung putri bungsu Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, GRAj Nur Astuti Wijareni dengan Muhammad Ubaidillah Oktober mendatang.

Perbaikan Bangsal Kepatihan dilakukan untuk persiapan resepsi pernikahan putri bungsu Sultan HB X, GRAj dan Muhammad Ubaidillah Oktober mendatang. Foto diambil Jum'at (14/7).

Kepala Biro Umum, Humas dan Protokoler Setda Provinsi DIY Sigit Haryanto menjelaskan, Bangsal Kepatihan milik Kraton Yogyakarta, sehingga kalau diselenggarakan pahargyan (perhelatan) pernikahan tentu akan dilakukan persiapan. Ada tiga bangunan di Komplek Kepatihan yang akan dilakukan perbaikan yaitu Bangsal (Pendopo) Kepatihan, nDalem Agung dan Ruang Gadri. “Kondisi beberapa bangunan itu sudah harus diperbaiki karena cukup mengkhawatirkan kalau dilakukan perhelatan besar,” Sigit Haryanto. Anggaran renovasi  Komplek Kepatihan berasal dari APBD Provinsi DIY sebesar Rp 3,8 M. Perbaikan akan dilakukan pada bagian atap dan bagian-bagian lain yang berdasarkan hasil assesment dinyatakan sangat kritis. “Renovasi akan paling banyak dilakukan di ruang Gadri dan nDalem Ageng sementara renovasi Bangsal Kepatihan sebagian kecil saja,” ujar Sigit Haryanto. Renovasi Komplek Kepatihan akan berlangsung hingga September. (Jogjanews.com/joe)

Leave Comment

Name
Email
Comment
Security Code