category » Budaya

Festival Padang Mbulan Kulon Progo Diundur 25 Mei 2013

di baca : 474 kali | Date 4 May
Festival Padang Mbulan Kulon Progo Diundur 25 Mei 2013

Related Post :

" Caption: Ilustrasi seni budaya gejug lesung.
"

Reporter: Joe

Jogjanews.com - Festival Padang Mbulan 2013 di Alun-Alun Wates Kulon Progo yang sedianya akan dihelat Jum’at (26/5) diundur menjadi Sabtu (25/5). Alasan pengunduran festival adalah pada Jum’at (26/5) tersebut berada dalam waktu persiapan menghadapi Ujian Nasional sehingga tidak diperkenankan mengadakan aktifitas keramaian.

 

Rilis dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulon Progo  Kulon Progo menjelaskan berdasarkan koordinasi bersama persiapan ujian sekolah SMA/SMK, SMP dan SD serta himbauan Bupati Kulon Progo kepada seluruh Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD) dan komponen masyarakat untuk tidak mengadakan keramaian dari awal sampai akhir masa Ujian Nasional.

 

“Kegiatan Festival Padang Bulan yang semula akan diadakan pada Jum'at,  (26/4) berubah menjadi Sabtu (25/5) pukul  19.00 WIB sampai dengan selesai tempat di Alun-alun Wates Kulon Progo,” terang rilis tersebut.

 

Sebanyak 12 kelompok gejug lesung Kabupaten Kulonprogo akan mengikuti Festival Padang Mbulan 2013 pada Jum’at (26/4) pukul 19.00 WIB di Alun-Alun Wates Kulonprogo.

 

Rilis dari Tim Layanan Data dan Informasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kulonprogo menyebutkan 12 kelompok gejug lesung tersebut adalah Gejug Lesung “Ulem Tentrem” Sogan I Sogan Wates.

 

Gejog lesung "wani Longok" Menggungan,Tawangsari Pengasih, gejog lesung “Laras Kenanga” Balong Kaligintung Temon, gejog lesung "Anom Sari" Panjatan, gejug lesung “Sekar Bumi” Pandowan Galur.Gejug lesung "Ngudi Lestari" Tangkisan Hargomulyo Kokap.

 

Gejug lesung "Madyo Laras" SMP 2 Ngentakrejo, Lendah, gejug lesung Mudo Budoyo” Suren, Sukoreno, Sentolo, Gejog Lesung “Kridha Laras” Nanggulan, Gejog Lesung “Tetep Tresna”, Grigak, Giripurwo, Girimulyo, ejog Lesung “Gada Laras”, Kemesu, Pagerharjo, Samigaluh, Gejog Lesung “Unen-unen Alas Menoreh” Durensawit, Banjaroyo, Kalibawang.

 

“Peserta/Group ditunjuk oleh Kecamatan untuk mewakili sebagai kontingen Kecamatan,” tulis Rilis dari Tim Layanan Data dan Informasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kulonprogo, Selasa (2/4).

 

Tujuan dari Festival Padang Mbulan 2013 membina dan meningkatkan kreativitas masyarakat di bidang seni budaya, melestarikan dan mengembangkan kesenian, sebagai bahan evaluasi pelaksanaan pembinaan seni bagi masyarakat. 

 

Menyalurkan minat dan bakat masyarakat dalam bidang seni budaya serta menanamkan rasa cinta tanah air dan wawansan kebangsaan untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Kelompok gejug lesung peserta Festival Padang Mbulan 2013 harus memenuhi ketentuan khusus festival yaitu jumlah peserta tiap kelompok 15 orang bisa campuran (putra-putri), putra atau putri saja dengan menggunakan pakaian pentas.

 

Para peserta diperbolehkan menambah instrumen musik lain (non elektrik) selain lesung dan harus membawa sendiri instrument tersebut. Penggarapan musik gejug lesung bebas dengan orientasi kreatifitas dan inovasi yang tetap berpijak pada tradisi.

 

Durasi pementasan tiap peserta selama 15 menit dimana 5 menit untuk persiapan dan 10 menit untuk lagu. Peserta akan diundi untuk menentukan urutan pentas yang akan dilakukan pada saat technical meeting.

 

Untuk teknis pemilihan lagu yang bisa dimainkan kelompok gejug lesung Kulonprogo yang ikut dalam Festival Padang Mbulan 2013 adalah Lancaran Kulonprogo Binangun untuk lagu wajib yang harus dimainkan.

 

Lagu pilihan wajib yang bisa dimainkan peserta adalah Caping Gunung, Lumbung Desa, Perahu Layar, Gugur Gunung dan Warung Pojok. Untuk lagu pilih bebas, para peserta festival bisa memilih sendiri lagu yang ingin ditampilkan.

 

Festival Padang Mbulan 2013 akan memilih Penyaji Terbaik I, II, III dan Penyaji Favorit. Para pemenang akan mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Panitia akan memilih dan menetapkan para ahli dibidang seni Kerakyatan untuk mengamati dan menilai pelaksanaan festival.

 

Aspek-aspek penilaian Festival Padang Mbulan 2013 adalah skill pemain, kekompakan tim, aransemen,  vocal serta penammpilan.

 

 

Leave Comment

Name
Email
Comment
Security Code