category » Pameran

25 Mei- 1 Juni, TBY dan Taman Budaya NTT Gelar Pameran Seni Rupa "Kontras-Kontras & Passion dari Timur"

di baca : 524 kali | Date 23 May
25 Mei- 1 Juni, TBY dan Taman Budaya NTT Gelar Pameran Seni Rupa

Related Post :

" Caption: Logo Provinsi NTT. Sumber foto: Aklahat.wordpress.com
"

Reporter: Joe

Jogjanews.com - Taman Budaya NTT bekerja sama dengan Taman Budaya Yogyakarta bakal menggelar pameran seni rupa bertajuk ‘“Kontras-kontras dan Passion dari Timur”.  Pameran yang bakal digelar 25 Mei – 1 Juni 2013 menghadirkan karya 9 perupa dari Komunitas Kapur Sirih asal Kupang, NTT.

 

Pameran ini bakal dibuka oleh Kepada Dinas Kebudayaan DIY, Drs. GBPH. H. Yudhaningrat  MM, pada Sabtu (25/5) pukul 19.00 WIB di ruang pamer Taman Budaya Yogyakarta. Sembilan perupa NTT itu adalah George Eman, Tinik Royaniwati, Jaky Lau, Fery Wabang.

   

Selain itu juga ada perupa Yopy Liliweri, Feky Messah, Frangky Amalo, Ely Lomi Rihi, Ubed Mashonef – ditambah dengan  peserta undangan yakni Andang Suprihadi (Yogyakarta) dan Denny (Jakarta). Dua perupa ini dipilih karena memiliki ikatan emosional besar dengan Komunitas Kapur Sirih.

 

Kurator pameran, Suwarno Wisetrotomo menjelaskan sembilan perupa ini dengan kondisi serba terbatas dari sisi material alat-alat lukis seperti cat, kanvas dll tetap terus memiliki gairah besar untuk terus melukis.  Sebagian dari mereka, seperti George Eman, Fery Wabang, Jaky Lau, atau Ubed, memutuskan dengan penuh nyali,
untuk hidup dari profesi melukis.

 

"Pameran “Kontras-kontras dan Passion dari Timur” ini bagaikan oase yang sepantasnya kita amati dan perhatikan dari dekat. Mereka, melalui karya-karyanya. Mereka  adalah para utusan untuk merekatkan kekerabatan di antara kita,” terang Suwarno Wisetrotomo, melalui rilis dari panitia pameran, Kamis (23/5).

 

Pameran ini mendapat dukungan penuh dari Taman Budaya NTT serta Pemerintah Provinsi NTT. Taman Budaya Provinsi NTT sangat pantas mendapatkan apresiasi yang tinggi atas sikap dan dukungannya ini.

 

Jika beberapa bulan belakangan ada kesan munculnya ketegangan antara masyarakat NTT yang tinggal di Yogya, dengan hadirnya sentuhan karya seni dalam pameran kali ini ada kesejukkan kembali.

 

Pameran senirupa ‘“Kontras-kontras dan Passion dari Timur” akan berlangsung dari 25 Mei hingga 1 Juni 2013, pameran dibuka 10.00  WIB-21.00 WIB. Terbuka untuk umum dan gratis. 

 

Leave Comment

Name
Email
Comment
Security Code